Selasa, 02 Oktober 2012

Hasil Wawancara Pengalaman Menulis Buku Teks Pelajaran





Kelompok kami telah mewawancarai Ibu Eveline Siregar pada hari senin tanggal 1 oktober 2012, Pendidikan yang pernah ditempuh S1 Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta Tahun 1985, S2 Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta Tahun 1995, dan te;lah menyelesaikan S3 Teknologi Pendidikan UNJ. Selain itu beliau merupakan dosen Teknologi Pendidikan yang mengampu mata kuliah dasar kependidikan (MKDK).

Berikut adalah wawancara kami :
Karya tulis yang pernah dihasilkan penulis antar lain: Buku Petunjuk Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (1985), salah satu penulis dan editor pada buku Teknologi Pembelajaran (2003), Mozaik Teknologi Pendidikan(2004) dan Teori Belajar dan Pembelajaran (2010).

Dalam buku ini dibahas secara komprehensif mengenai teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokus pada konsep dasar, prinsip dan teori-teori belajar dan pembelajaran, motivasi, konsep dasar kurikulum dan pendekatan pemebelajaran. Buku ini memuat teori dan konsep dasar yang seharusnya diketahui oleh mahasiswa atau berisi tentang hal-hal yang pokok/esensial tentang belajar dan pembelajran, karena itu sangat dibutuhkan proses pengembangan selanjutan dengan menerapkan strategi dan metode pembelajran serta penggunaan media yang bervariasi dalam perkulihan, agar kompetensi yang diharapkan dapat tercapai secara optimal.
Menurut Penulis, menulis buku itu sebelumnya harus punya tujuan tertentu, mau dibawa kemana dan siapa sasaran pembacanya. Tujuan pembuatan buku  ini menurut beliau awalnya adalah suatu buku ajar yang disusun atas dasar kebutuhan akan suatu buku pegangan yang digunakan dalam perkuliahan Teori Belajar dan Pembelajaran yang merupakan salah satu mata kuliah dasar Kependidikan (MKDK) yang berbobot 4 sks yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa S1 program studi pendidikan di Universitas yang telah menyediakan mahasiswanya untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional, lalu perlu diketahui dan dipelajari mahasiswa, mengapa hal tersebuut termasuk hal yang paling penting sebelum menulis buku karena apa yang ingin dituangkan beliau sehingga menjadi sebuah buku yang berjudul Teori Belajar dan Pembelajaran (TBP) adalah suatu landasan kemampuan untuk menyelenggarakan tugas profesional sebagai tenaga pengajar maupun tenaga pendidikan lainnnya. Penulis juga memperhatikan buku-buku yang sudah ada lalu beliau membandingkannya karena luasnya cakupan dari mata kulliah ini, buku-buku acuan yang digunakan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan cukup banyak dan pada umunya mahasiswa mengalami kesulitan memperoleh bacaan atau sumber yang relevan bahkan tidak jarang mahasiswa memilih sumber belajar yang kurang tepat, maka akibatnya pembahasan topik-topik akan menyimpang dari yang seharusnya, sehingga tujuan pemebelajaran yang diharapkan tidak akan tercapai. Ternyata penulis juga melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada pada buku-buku yang sudah ada, kenapa demikian karena masih banyak buku-buku mengenai Teori Belajar dan Pembelajaran yang belum mengikuti pesatnya perkembangan teori-teori belajar dan pembelajaran. Dibuku ini penulis membuat offlline satu persatu untuk merangsang pemikiran mahasiswa agar lebih kritis dan luas dengan cara memberikan soal-soal latihan dan tujuan di setiap akhir bab.

Penulis juga telah mengikuti standar penulisan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapka BSNP dan Kementrian pendidikan. Penulis juga tidak sembarangan dalam penyusunan buku ajar yang dibuat, semua beracuan dari ketentuan yang telah ditetapkan. Pada buku ini terdapat kata pengantar, daftar isi, isi, daftar pustaka, indeks, tentang penulis.

Dalam menulis buku ternyata penulis mengalami kemudahan dan kesulitan. Kemudahannya karena saat menulis buku tersebut itu merupakan bidang yang disukai dan juga dikuasi sehingga ketika saat menulis apa yang ditulis membuat semuanya menjadi mudah. Selain itu juga di karenakan sebagai dosen yang pernah mengajar Teori belajar dan pembelajaran, beliau sudah memiliki sumber-sumber buku bacaan dan referensi yang sangat banyak sehingga hal tersebut membantu dalam kecepatan saat menulis buku.
Kendala yang dihadapi penulis saat menulis buku dimulai dengan adanya sumber-sumber yang dimiliki penulis sangat banyak terlebih sumbernya tersebut dari luar (bahasa inggris) yang sulit untuk di terjemahkan pada bahasa indonesia dikarenakan bahasanya yang sangat kompleks ketika semuanya telah diterjemahkan, untuk menyederhanakan bahasa tersebut agar mahasiswa mengerti dan tidak simpang siur mengartikan bahasa yang akan dituangkan adalah hal tersulit tentunya hal tersebut memberikan pekerjaan 2 kali untuk menulis kemudian menyederhanakan kembali sehingga mahasiswa dengan mudah memahami materi yang telah tersedia di buku tersebut.

Kesimpulan dari wawancara kami terhadap ibu Eveline Siregar pada pembahasan pengalaman beliau menjadi seorang penulis buku ajar dengan judul buku Teori Belajar dan Pembelajaran ialah :

Dalam penulisan buku bahan ajar, sebagai seorang penulis tetap harus memperhatikan sistematika dalam pembuatan buku bahan ajar yang pastinya selalu beracuan dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Untuk menulis buku bahan ajar sebaiknya mengikuti tahapan yang telah dilalui penulis, seperti harus menentukan tujuan tertentu, seperti mau dibawa kemana buku tersebut, dan dilihat siapa audiencenya setelah itu materi apa yang sedang dibutuhkan oleh mahasiswa, mengumpulkan sumber bacaan lalu di bandingkan sumber bacaan yang sudah ada. Setelah semua siap maka bekerja sama lah dengan penerbit dan percetakan agar bukunya lebih menarik bila dipasarkan.



Penyusun :
Bunga Aprilia Ananda, Dwi Ayuningtyas dan Maya Fitriani




Tidak ada komentar:

Posting Komentar