Kelompok
kami telah mewawancarai Ibu Eveline Siregar pada hari senin tanggal 1 oktober
2012, Pendidikan yang pernah ditempuh S1 Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta
Tahun 1985, S2 Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta Tahun 1995, dan te;lah menyelesaikan
S3 Teknologi Pendidikan UNJ. Selain itu beliau merupakan dosen Teknologi
Pendidikan yang mengampu mata kuliah dasar kependidikan (MKDK).
Berikut
adalah wawancara kami :
Karya
tulis yang pernah dihasilkan penulis antar lain: Buku Petunjuk Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (1985), salah satu
penulis dan editor pada buku Teknologi Pembelajaran (2003), Mozaik Teknologi
Pendidikan(2004) dan Teori Belajar
dan Pembelajaran (2010).
Dalam
buku ini dibahas secara komprehensif mengenai teori belajar dan pembelajaran
serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan
difokus pada konsep dasar, prinsip dan teori-teori belajar dan pembelajaran,
motivasi, konsep dasar kurikulum dan pendekatan pemebelajaran. Buku ini memuat
teori dan konsep dasar yang seharusnya diketahui oleh mahasiswa atau berisi
tentang hal-hal yang pokok/esensial tentang belajar dan pembelajran, karena itu
sangat dibutuhkan proses pengembangan selanjutan dengan menerapkan strategi dan
metode pembelajran serta penggunaan media yang bervariasi dalam perkulihan,
agar kompetensi yang diharapkan dapat tercapai secara optimal.
Menurut
Penulis, menulis buku itu sebelumnya harus punya tujuan tertentu, mau dibawa
kemana dan siapa sasaran pembacanya. Tujuan pembuatan buku ini menurut beliau awalnya adalah suatu buku
ajar yang disusun atas dasar kebutuhan akan suatu buku pegangan yang digunakan dalam
perkuliahan Teori Belajar dan Pembelajaran yang merupakan salah satu mata
kuliah dasar Kependidikan (MKDK) yang berbobot 4 sks yang wajib diambil oleh
seluruh mahasiswa S1 program studi pendidikan di Universitas yang telah
menyediakan mahasiswanya untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional, lalu perlu
diketahui dan dipelajari mahasiswa, mengapa hal tersebuut termasuk hal yang
paling penting sebelum menulis buku karena apa yang ingin dituangkan beliau
sehingga menjadi sebuah buku yang berjudul Teori Belajar dan Pembelajaran (TBP)
adalah suatu landasan kemampuan untuk menyelenggarakan tugas profesional
sebagai tenaga pengajar maupun tenaga pendidikan lainnnya. Penulis juga
memperhatikan buku-buku yang sudah ada lalu beliau membandingkannya karena luasnya
cakupan dari mata kulliah ini, buku-buku acuan yang digunakan untuk mencapai
kompetensi yang diharapkan cukup banyak dan pada umunya mahasiswa mengalami
kesulitan memperoleh bacaan atau sumber yang relevan bahkan tidak jarang
mahasiswa memilih sumber belajar yang kurang tepat, maka akibatnya pembahasan
topik-topik akan menyimpang dari yang seharusnya, sehingga tujuan pemebelajaran
yang diharapkan tidak akan tercapai. Ternyata penulis juga melengkapi
kekurangan-kekurangan yang ada pada buku-buku yang sudah ada, kenapa demikian
karena masih banyak buku-buku mengenai Teori Belajar dan Pembelajaran yang
belum mengikuti pesatnya perkembangan teori-teori belajar dan pembelajaran.
Dibuku ini penulis membuat offlline satu persatu untuk merangsang pemikiran
mahasiswa agar lebih kritis dan luas dengan cara memberikan soal-soal latihan
dan tujuan di setiap akhir bab.
Penulis
juga telah mengikuti standar penulisan sesuai dengan peraturan yang telah
ditetapka BSNP dan Kementrian pendidikan. Penulis juga tidak sembarangan dalam
penyusunan buku ajar yang dibuat, semua beracuan dari ketentuan yang telah
ditetapkan. Pada buku ini terdapat kata pengantar, daftar isi, isi, daftar
pustaka, indeks, tentang penulis.
Dalam
menulis buku ternyata penulis mengalami kemudahan dan kesulitan. Kemudahannya
karena saat menulis buku tersebut itu merupakan bidang yang disukai dan juga
dikuasi sehingga ketika saat menulis apa yang ditulis membuat semuanya menjadi
mudah. Selain itu juga di karenakan sebagai dosen yang pernah mengajar Teori
belajar dan pembelajaran, beliau sudah memiliki sumber-sumber buku bacaan dan
referensi yang sangat banyak sehingga hal tersebut membantu dalam kecepatan
saat menulis buku.
Kendala
yang dihadapi penulis saat menulis buku dimulai dengan adanya sumber-sumber
yang dimiliki penulis sangat banyak terlebih sumbernya tersebut dari luar
(bahasa inggris) yang sulit untuk di terjemahkan pada bahasa indonesia dikarenakan
bahasanya yang sangat kompleks ketika semuanya telah diterjemahkan, untuk
menyederhanakan bahasa tersebut agar mahasiswa mengerti dan tidak simpang siur
mengartikan bahasa yang akan dituangkan adalah hal tersulit tentunya hal
tersebut memberikan pekerjaan 2 kali untuk menulis kemudian menyederhanakan
kembali sehingga mahasiswa dengan mudah memahami materi yang telah tersedia di
buku tersebut.
Kesimpulan
dari wawancara kami terhadap ibu Eveline Siregar pada pembahasan pengalaman
beliau menjadi seorang penulis buku ajar dengan judul buku Teori Belajar dan
Pembelajaran ialah :
Dalam
penulisan buku bahan ajar, sebagai seorang penulis tetap harus memperhatikan
sistematika dalam pembuatan buku bahan ajar yang pastinya selalu beracuan
dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Untuk menulis buku
bahan ajar sebaiknya mengikuti tahapan yang telah dilalui penulis, seperti
harus menentukan tujuan tertentu, seperti mau dibawa kemana buku tersebut, dan
dilihat siapa audiencenya setelah itu materi apa yang sedang dibutuhkan oleh
mahasiswa, mengumpulkan sumber bacaan lalu di bandingkan sumber bacaan yang
sudah ada. Setelah semua siap maka bekerja sama lah dengan penerbit dan
percetakan agar bukunya lebih menarik bila dipasarkan.
Penyusun
:
Bunga
Aprilia Ananda, Dwi Ayuningtyas dan Maya Fitriani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar