Sabtu, 10 Maret 2012

Survey Inovasi (matkul Difusi Inovasi Pendidikan)


1. Cuap-cuap

Universitas Negeri Jakarta salah satu universitas negeri di daerah Jakarta timur, di universitas ini ada Fakultas Ilmu pendidikan (FIP), naah.. difakultas inilah saya menimba ilmu lebih tepatnya lagi di Jurusan Teknologi Pendidikan (TP). Di TP terdapat satu matakuliah yaitu Difusi Inovasi pendidikan mata kuliah ini di ampu oleh Bapak Prof. DR. BP Sitepu dan ibu RetnoWidyaningrum. Kita sih belajar seperti biasa secara tatap muka atau belajar online, bagi mahasiswa TP belajar online itu sudah biasa yang membuat semuanya lebih luar biasa lagi tuh wadah atau tempat untuk belajar onlinenya. Kalau belajar online dengan menggunakan situs-situs resmi yang di miliki jurusan TP sih udah biasa, naah yang ngebedain di mata kuliah ini belajar online kita nggak menggunakan situs resmi dari jurusan melainkan menggunakan situs jejaring sosial yang udah sangat terkenal didunia yaitu Facebook, yaak.. kiat belajar online melalui FB jadi di FB tersebut kita membuat suatu group discussion untuk mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan ini. Karena menurut kami ini adalah hal pertama kami diskusi melalui FB makanya sempat sang dosen mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi tersebut untuk survey tentang INOVASI karena kebetulan di mata kuliah ini ada kata INOVASINYA, begini kira-kira pertanyaannya “Apakah Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?". Tujuan dri survey tersebut ni yaa mau liat menurut mahasiswa tuh forum diskusi ini YES- adalah sebuah inovasi, NO- adalah bukan sebuah inovasi, Yes & NO- bisa dibilang inovasi bisa juga dibilang bukan inovasi. Sedangkan mafaatnya biar kita bisa liat tanggapan teman-teman apa grup tersebut bisa dibilang inovasi atau tidak, sekalian mau liat apa para mahasiswa udah ngerti apa itu inovasi. Naah.. udah pasti bangetlah yang ngerspon pertanyaan survey tersebut para mahasiswa TP yang tergabung dalam grup tersebut, teknik surveynya gampang kok, Bapak Sitepu memberikan pertanyaan yang udah saya tulis diatas, kemudian mahasiswanya tinggal comment aja di post-an tentang pertanyaan tersebut tentunya dengan di beri opsi YES, NO, YES & NO, karena sebagai mahasiswa harus dituntut dapat menganalisis makanya dalam memilih jawaban kita harus memberikan alasannya dooong.



2. Hasil Surveynya neeh
Yang Pertama:
Berhubung member grup ini lumayan banyak orangnya, kita mau liat dulu ni siapa aja sih yang commen pertanyaan tersebut sama yang diem seribu bahasa ngga jawab sama sekali.



setelah saya survey ternyata masih ada 7 orang yang diam seribu bahasa, sedangkan yang udah comment ada 31 orang, ya lumayanlah kalo dari 38 orang sih.



Yang Kedua:
Dipilh-dipilih.. siapa yang milih YES, NO, YES & NO, ayoo kita liat sama-sama, naah hasil survey yang ini dibikin dalam diagram batang dan pie.






 Bisa diliat sendirikan ya hasill surveynya, ada 29 orang yang menjawab YES, dan 2 orang yang jawab YES&NO (kesannya kaya ABG labil ya milihnya dua jawaban -__-")



Yang Ketiga:
Selanjutnya alasan-alasan jawaban para pengikut survey ni, penampakannya dalam tebel dan diagram pie.



nah.. itu dy alasan-alasan teman-teman memilih jawaban yang mereka anut masing-masing, kenapa milih YES dan kenapa milih YES& NO.


3.    Pembahasan
JENG JENG JENG.. saatnya buat saya menelaah hasi survey mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan. Dari hasil survey tersebut yang jawab YES itu ada 29 orang, kenapa mereka memilih YES karena mereka merasa baru pertama kalinya melakukan diskusi secara online di FB, selain itu dengan adanya grup ini mengubah peranan dosen yang mengampu mata kuliah ini, dosen bisa jadi fasilitator disini menyediakan media diskusi yang lain dari pada mata kuliah lainnya dengan memberi pertanyaan pertanyaan yang wajib kita semua comment-in, selain itu alasan yang terakhir tuh mengacu pada inovasi menurut E. Rogers Keuntungan relatif, kompatibel, kompleksitas, trialbilitas, dan dapat diamati.

Selain ada jawab YES, ada 2 orang ni yang jawab YES&NO (tetep saya ngerasa ini yang jawab ABG labil ya? -__-“) alasan pertama mereka bilang YES itu ya sama aja kaya mereka yang jawab YES doang itu, karena merasa bahwa diskusi melalui FB itu suatu hal yang baru, namun disatu sisi mereka bilang bahwa sebelumnya pernah melakukan diskusi pelajaran juga melalui FB, alasan lain mereka menjawab NO itu karena menurut mereka FB itu sudah ada sejak lama sedangkan yang namanya inovasi itu harus direncanakan dahulu sebelumnya. 


4. Kesimpulan
Dari hasil survey tersebut dapat disimpulkan bahwa FB juga dapat dijadikan wadah sebagai diskusi untuk belajar, selain itu FB ini bisa juga dijadikan sebagai pemecahan masalah, jadi mahasiswa tidak hanya belajar secara tatap muka tetapi mahasiswa bisa belajar tanpa mengenal waktu dan tempat, belajar bisa dilakukan dimana saja. terlebih lagi di grup diskusi FB ini bisa menggantikan kegiatan belajar tatap muka yang tidak bisa dihadiri oleh dosennya sehingga mahasiswa tidak ketinggalam materi yang harusnya diajari pada hari itu.
Dan yang pasti forum diskusi FB ini memang telah direncanakan sebelumnya oleh dosen pengampu sehingga bisa dibilang forum diskusi FB ini adalah sebuah inovasi.

Saran
Saran yang bisa saya berikan untuk Forum diskusi ini, para dosen pengampu memberikan sedikit penjelas dahulu sebelum memberikan sebuah pertanyaan sehingga walaupun sedikit para mahasiswa dapat mengerti dan bisa lebih mudah mengembangkan dan mencari tahu bahan materi yang sesuai dengan materi tersebut. dosen juga seharusnya bisa membantu mahasiswa dalam memberi bahan bacaan yang sesuai dengan materi yang sedang dibahas, karena ada kemungkinan apabila mahasiswa mencari bahan belajar sendiri bisa saja terjadi kesalahan.


5. Daftar Pustaka
Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovation. New york : the free press


Suber survey:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar